Pada setiap ibu pasti berusaha menjadi dengan terbaik untuk anak-anaknya. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM   –  PERCAYALAH, setiap ibu pasti berusaha menjadi yang terbaik untuk anak-anaknya. Namun kadang-kadang, standar atau ukurannya terlalu sari.

Dalam akhirnya, akan ada ibu yang terlalu lelah karena berusaha menjelma sempurna, atau sebaliknya para ibu yang terjebak dengan pembenaran-pembenaran semata, sementara hak-hak anak terabaikan.

Panduan menjadi ibu yang baik dari New Kids Center b erikut mungkin bisa menolong Anda melakukan yang terbaik.

1. Sabar dan tahan amarah 

Jika anak Anda melakukan kekacauan di rumah, seperti mengotori hamparan dengan remahan kue atau tuangan air susu, segera tarik napas dan mulai berhitung dalam ganjil untuk menurunkan emosi. Tidak gampang dilakukan—berteriak jauh lebih mudah—tapi, jangan pernah menyerah untuk mencobanya. Sebab sesungguhnya menjadi orang tua ialah ujian kesabaran. Jika Anda bisa sabar, Anda lulus dan hasilnya akan bagus bagi Anda & juga anak-anak. Dengan melatih kesabaran, berarti Anda menjadi guru yang terbaik untuk anak belajar kejadian yang serupa.  

2. Mendukung 

Studi membuktikan, anak yang mendapatkan pertolongan dan kehangatan orang tuanya mau memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik kelak mereka dewasa. Makin wali yang tidak luput meluluskan dukungan kepada anak ketika itu sedang stres akan lebih bagus lagi pengaruhnya, karena saat kala nanti anak akan memiliki kekuatan mengelola dan menghadapi tekanan.

3. Mengerti 

Sediakan waktu untuk menjadi pendengar yang baik. Bukan untuk kemudian menggurui, tapi berusaha memafhumi. Ketika anak tumbuh semakin luhur, mereka akan tahu ke mana harus pergi dan bercerita mengenai apa pun yang mereka alamiah atau sedang hadapi. Seperti perkara pubertas, pertemanan di sekolah, dan lain sebagainya.

4. Berkomunikasi dengan mereka 

Pastikan Anda menyediakan periode secara rutin untuk berbicara dan mengobrol dengan anak-anak. Cari tahu apa pun tentang mereka, tercatat kegiatan yang sedang dilakukan, pemikiran-pemikiran mereka, cinta, atau bahkan benci yang sedang dirasakan. Ingat, lakukan hal ini dalam situasi dengan santai, tapi teratur. Beberapa tip berkomunikasi antara lain, tunjukkan menjawab penuh, jangan memotong bicara mereka, berikan tanggapan setelah mereka siap mengungkapkan pikiran.  

5. Ajarkan cara menghargai sesama 

Dengan menghargai mereka, anak-anak akan belajar untuk menghargai diri sendiri. Tanpa penghargaan Anda, anak-anak tidak akan terang bahwa mereka berharga. Anak-anak bagaikan ini akan rentan berperilaku membatalkan, seperti terlibat seks bebas, obat-obatan, dan alkohol. Sebaliknya, jika anak-anak bisa menghargai diri sendiri, mereka akan menjadi pemberani, tidak egois, lebih bahagia, dan memiliki hubungan yang sehat dengan orang asing.  

6. Luangkan waktu lebih banyak bersama mereka

Ketika Kamu menghabiskan waktu dengan anak-anak, itu akan mendapatkan banyak manfaat. Mereka akan merasa penting dan dicintai. Ini membantu mereka membangun muncul dan harga diri. Selain tersebut, waktu berkualitas juga akan menguatkan hubungan Anda karena ini bersentuhan dengan membangun kepercayaan.  

tujuh. Beri mereka hadiah pada zaman yang tepat

Anda tidak kudu menjadi ibu yang menghabiskan banyak uang dan memberikan segalanya kepada anak. Cukup lakukan dengan setimpal. Sesekali saja Anda membelikan mereka mainan kecil atau camilan. Berikan barang yang lebih besar atau berharga hanya jika anak benar-benar menginginkannya. Dengan begitu anak mau menghargai barang yang mereka punya.  

8. Minta maaf jika Anda salah

Hanya karena Kamu lebih dewasa dan lebih ulung, bukan berarti tidak pernah lengah. Jika Anda menuntut anak buat bisa meminta maaf, lakukan situasi yang serupa ketika Anda berbuat lengah. Jangan malu. Jangan gengsi. Kamu tidak akan menjadi rendah karenanya. Jangan lupa untuk juga menjelaskan letak kesalahan Anda dan kok Anda harus meminta maaf. Secara cara ini, anak akan menelaah hal yang sama.  

9. Tanamkan beberapa kualitas penting 

Barangkali hadiah terbaik yang dapat Kamu berikan kepada anak adalah membangun mereka membangun harga diri. Misalnya, Anda bisa mengajarkan mereka kurang keterampilan untuk menjadi mandiri sekali lalu mencapai potensi tertinggi diri. Anak-anak yang mempunyai harga diri nyata akan lebih bahagia kelak itu dewasa.  

Rekomendasi