TABLOIDBINTANG. COM   –  Agregasi vokal beranggotakan tiga talenta muda dari Indonesia Timur bernama Loko memperkenalkan  single perdananya berjudul “Kesempatan”.

Grup vokal ini beranggotakan Rhovie Madeten, Billy Wino Talahu, dan Julians Latuheru. Loko mengusung genre musik pop modern yang diwarnai rabaan musik era 80-an secara pembagian suara Rhovie baritone, Julians tenor dua serta Billy tenor satu.  

Lewat kolaborasi suaranya, mereka mampu membentuk harmonisasi vokal yang baik dengan kepribadian suara masing-masing. Loko tunggal baru terbentuk pada 16 April 2020. Ketiganya dikumpulkan oleh Yerry Meirian, salah satu personel T-Five yang saat ini menjadi mentor mereka.  

Grup vokal Loko. (Istimewa)

“Loko   ini dari Indonesia Timur, awalnya kita bertemu dari lomba dan dapat juara, terus kita bentuk vocal grup, awalnya ada 12 orang, ” ujar Rhovie, salah kepala personel Loko, di zona Jalan Braga, Kota Bandung, Sabtu (27/3).  

Disinggung soal makna nama Loko, Rhovie menerangkan bahwa Loko berasal dari bahasa Ambon yang memiliki arti Capai.

“Jadi, dengan adanya Loko ini mudah-mudahan bisa memberikan warna baru dalam irama Indonesia, ” katanya.

Terpaut single berjudul Kesempatan yang pertama diluncurkan, Rhovie bercerita bahwa melalui konsep dari liriknya, Loko ingin menyampaikan warna musik baru untuk kalangan milenials.  

“Ini lagu galau yang mampu menemani anak-anak milenial, kita berusaha masuk ke di dalam apa yang mereka pikirkan dan mereka bisa menikmati lagu ini dengan masa waktu yang sangat periode, ” katanya.  

Mereka berharap, dengan munculnya perkumpulan vocal baru, industri musik Indonesia dapat kembali berupa. Sebab, selama ini, belum ada grup vocal pria yang bertahan lama sepertihalnya Kahitna yang lagu-lagunya abadi hingga kini.  

“Harapan kita bisa mendapatkan utama tempat dipanggung musik Indonesia, diterima dengan baik serta bisa berkolaborasi dengan musisi besar dan mudah-mudahan menyampaikan warna dengan karakter suara kita masing-masing, ” katanya.  

Grup vokal Loko. (Istimewa)

“Apalagi saat ini grup vocal itu ramal jarang ya, dengan adanya Loko kita berharap mendapat tempat di musik Nusantara, ” tandasnya.

Agi Sugiyanto, Owner Proaktif sekaligus Producer Loko menambahkan, Loko ini berada di bawah lindungan Proaktif Company yang menyelap cluster Musikpedia, channel Youtube khusus genre musik pop urban.  

“Selain Loko, ada Rachel keponakan Doel Sumbang, Arfian, Anisya & lain-lain yang genrenya pas, pop, ” ujar Agi.  

Agi mengaku, bahadur menggarap Loko karena ke-3 personelnya memiliki warna vocal yang berkarakter seperti Kahitna dan T-Five.  

Selain itu, dia ingin memeriksa ke luar dari tren musik yang ada era ini. Menurutnya, dalam pabrik musik selalu ada bercak jenuh. Dia mencontohkan, masa ini, penikmat musik Negeri Air sedang menggandrungi genre dangdut koplo Jawa Timur dan menurutnya, kondisi itu bakal segera berakhir dan berganti ke genre asing.  

“Saya selalu melakukan eksperimen di dunia irama, termasuk merilis musik dengan berbeda dari trend saat ini yang ada, kita melihat ada kekosongan yang menetapkan diisi dan tidak menguncup kemungkinan suatu saat nanti menjadi trend karena pada dunia musik itu tersedia kejenuhan kemudian mencari genre musik baru dan meminta ini bisa naik pula, ” katanya.