TABLOIDBINTANG. COM   –  Aktivis perlindungan anak, Seto Mulyadi atau Kak Seto  merayakan ulang tahun ke-69 pada Jumat (28/9) kemarin. Sebagai bentuk rasa syukur, di hari ulang tahunnya, Kak Seto melakukan aksi sosial berbagi kepada keluarga miskin.

Uniknya, Kak Seto terjun langsung memberikan bantuan dengan menyamar sebagai pemulung. Mengenakan kalibut oblong compang camping, celana pendek, sendal jepit dan masker dan membawa karung yang digembol ke belakang, Kak Seto jalan lengah ke perkampungan di daerah Ciputat, tidak jauh dari kediamannya.

Kak Seto pun tampak kaget saat bermaksud masuk ke rumahnya ada wartawan di luar pagar yang langsung mengenalinya.

“Hari ini ulang tahun saya, saya keliling ke perkampungan sekitar Ciputat. Bercakap-cakap. Sebenarnya saya selalu begini pada 4 April cuma kebetulan kemarin belum berani ke luar. April itu Pertama kali diangkat jadi guru di TK Pak Kasur, ” ucap Kak Seto dalam kawasan Cirendeu, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (28/9).

Kak Seto mengutarakan, kegiatannya mnyamar sebagai pemulung kerap dilakukan ninimal setahun sekali. Ia mengaku, menyamar sebagai pemulung untuk mengenang awal-awal dirinya merantau ke Jakarta.

“Ini nostalgia. 50 tahun morat-marit saya tuh pemulung di Mayestik. Ini baju kebesaran saya 50 tahun lalu. Saya masuk ke Jakarta itu dulu nggak memiliki teman nggak punya saudara, ” terang Kak Seto.

Saat menginjakan kakinya di Jakarta, Kak Seto merasakan bagaimana sulitnya mencari uang. Ia pun bekerja serabutan untuk berdiam.

“Saya pikir gampang hidup di Jakarta, Jadi yaudah saya benar-benar kudu dari bawah betul-betul, ” nyata Kak Seto.

Pencipta ciri Si Komo itu mengaku sudah jadi gembel tidur dengan genting terbuka. Memulai pekerjaan sebagai kuli panggul dan naik derajat menjadi office boy, Kak Seto bersyukur dipercaya menjadi Guru TK.

“Tidur di emperan pasar, jadi pemulung siap kuli panggul dan kemudian naik pangkat jadi office boy, ” pungkas Kak Seto.

Kak Seto melangsungkan kegiatan tersebut murni untuk positif sesama tanpa ada camera ataupun misi terselubung, apalagi untuk konten yang bisa memperkaya dirinya.

(pri)