TABLOIDBINTANG. COM   –  Pataudi, tanah air indah yang terletak pada kaki bukit Aravali, provinsi Gurgaon, India. Kota itu menyimpan banyak cerita mengenai kehidupan seorang Muhammad Saif Ali Khan yang saat ini dikenal sebagai seorang pemain, pengusaha, dan suami dibanding Kareena Kapoor.  

Di kota inilah Saif berdiri dan tumbuh besar, di dalam keluarga Pangeran Pataudi, turunan Bangsawan di India. Saif sendiri adalah Pangeran ke-10, dari silsilah kerajaan mungil di kota ini, pra India merdeka. Saif dinobatkan menjadi Nawab Pataudi sesudah ayahnya, Mansoor Ali Khan, Nawab Klan Pataudi, meninggal pada 2011. Setelahnya, Saif dinobatkan sebagai kepala vila kerajaan Bhopan, pewaris istana Pataudi, dengan gelar Nawab of Pataudi.  

Istana Pataudi, milik Saif Ali Khan Bintang Film selalu Pangeran ke-10 Pataudi

Jadi pewaris, Saif memiliki istana Pataudi. Dengan luas berhektar-hektar, memiliki 150 kamar, dengan taman, perkebunan, kandang sado beserta kuda-kuda kerajaan, istana ini dinilai trilyunan rupiah. Istana ini pernah dipergunakan untuk syuting beberapa hidup Bollywood seperti film Shah Rukh Khan Zara-Veer sampai film Bollywood. “Tempat itu sangat berharga buat aku, warisan keluarga. Kakek buyut saya, ayah saya dimakamkan di sini. Ada ikatan kejiwaan antara saya dan wadah ini. Tanah ini sudah ada selama berabad-abad, namun bangunan istananya sendiri dibangung oleh kakek saya untuk nenek saya, umurnya dekat seratus tahun tahun. Saat itu dia pemimpin dalam wilayah ini, ” ungkap Saif.  

Layaknya istana, selain ada 150 kawasan di sana, masing-masing bagian memiliki keunikan dan kemegahannya sendiri. Yuk, kita memperhatikan ruang demi ruang di istana Pataudi, warisan puak Saif Ali Khan.  

1.       Ruang Belajar Bergaya Kolonial.  

Istana Pataudi memiliki ruang belajar berpose kolonial, yang indah. Dilengkapi sofa, meja besar dalam pusat ruangan, ruangan ini mempunya 4 pintu. Foto-foto dari keluarga kerajaan kecil di Bhopal ini, dibanding beberapa generasi tergantung pada dalamnya.  

2.       Pojok-Pojok Istana, Tempat Bersantai

Istana Pataudi bernuansa putih pada setiap sudut-sudut ruangannya. Dalam setiap balkon, disediakan kurang set sofa dengan meja, untuk tamu yang bakal bersantai, menikmati pemandangan hijau hamparan taman dan perkebunan istana ini.  

3.       Ruang Makan Sari yang Extravaganza

Ada kurang ruang makan di dalam Istana Pataudi. Tapi yang paling disorot adalah kawasan makan utama keluarga bangswan ini. Ini adalah ruang makan yang sangat tumbuh, terletak di tengah-tengah bangunan ini. Dikelilingi oleh jendela-jendela kaca, yang memberi ruangan ini pencahayaan natural dalam pagi dan sore hari. Ruangan ini juga dihiasi lampu-lampu kristal, yang memberinya tampilan ekstravaganza.  

4.       Hamparan rerumputan luas pada Istana Pataudi

Seperti umum istana-istana kerajaan, istana Pataudi juga dikelilingi oleh hamparan rerumputan hijau yang merata dan indah. Memberi tanda segar dan eco-friendly. Hamparan rerumputan ini juga menanggung tampilan istana, yang dalam sore hari akan terlihat semakin indah, terkena sinaran mentari.  

5.       150 Kamar dengan Keunikannya Masing-Masing

Ada 150 kamar pada istana ini yang dirancang berbeda-beda. Setiap kamarnya memiliki keunikan masing-masing dan benar luas. Beberapa di antaranya memiliki balkon dengan pemandangan ke arah taman ataupun perkebunan istana.  

6.       Koridor Utama Istana Berpose Klasik

Koridor utama pada istana Pataudi dibuat sering, dipenuhi dengan foto-foto para-para keturunan keluarga Pataudi sejak waktu ke waktu, pada kanan dan kiri dindingnya.  

7.       Padang rumput di Istana Untuk Beragam Aktivitas

Area padang suket yang mengelilingi istana, bisa multifungsi. Biasa digunakan untuk berkuda, menyelenggarakan pesta outdoor atau garden party. Bujang Kareena Kapoor dan Saif Ali Khan, Taimur Ali Khan merayakan ulang tahunnya yang pertama disini.  

8.       Area Duduk-Duduk Cantik Outdoor di Istana Pataudi

Istana Pataudi melengkapi penghuninya dengan area duduk-duduk tenang, di luar. Semua perabotannya berwarna putih, dengan rabaan vintage dan kolonial.  

9.       Tangga Utama yang Megah

Ada tangga dengan dirancang dengan megah dalam istana ini. Dua nikah yang akhirnya menyatu pada ujung. Dengan desain lantai seperti kotak catur. Dalam depan tangga ini pula ada patung macan yang kokoh. Desain tangganya sendiri memberi kesan kolonial yang kuat dan merepresentasikan kemegahahan kerajaan.