Asam urat merupakan peradangan pada sendi yang disebabkan penumpukan zat asam serat. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM   –  Asam urat (gout) merupakan peradangan pada sendi yang disebabkan penumpukan zat asam urat. Normalnya, masam urat larut dalam darah lulus dikeluarkan tubuh melalui urine. Namun, bila kadar asam urat sungguh-sungguh tinggi, tubuh hanya mampu melahirkan zat ini dalam jumlah sedikit. Akibatnya, asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal asam jalur pada persendian hingga menyebabkan menikmati nyeri, peradangan, dan bengkak. Salah satu pemicu asam urat adalah makanan atau minuman yang tinggi perut purin. Di dalam tubuh, purin diproses menjadi asam urat. Tersebut sebabnya, bila seseorang mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nilai purin tinggi, maka kadar asam urat dalam darah juga positif akan tinggi.

Nah, berikut adalah sasaran dan minuman mengandung purin mulia yang tentunya harus dihindari penanggung asam urat.

1. Bir

Dibanding minuman beralkohol lainnya, bir mempunyai kandungan purin paling mulia. Untuk penderita asam urat, jenis minuman ini harus benar-benar dihindari.

2. Scallop

Scallop atau keturunan kerang juga memiliki kadar purin yang tinggi. Sesekali memakannya pada acara tertentu tidak apa-apa, pokok dalam jumlah sedikit.

3. Ikan Haring

Ikan Haring atau herring merupakan jenis ikan yang tak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, karena memiliki kandungan purin yang lebih tinggi dibanding hasil laut seperti scallop dan lobster.

4. Daging merah dan jeroan

Daging merah merupakan pilihan sasaran yang sebaiknya dikurangi karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Tak apa-apa mengonsumsinya sesekali, namun batasi dan tidak boleh dikonsumsi pada jumlah besar. Begitu pula dalaman seperti lidah, ginjal, hati, serta jantung.

5. Minuman manis

Minuman ringan dan minuman yang agung kadar gula biasanya mengandung mahkota gula fruktosa. Mengonsumsi minuman kaya ini dapat mengakibatkan pertambahan berat badan sehingga menstimulasi badan untuk memproduksi asam urat lebih penuh.

6. Asparagus dan Jamur

Akar parsi dan jamur merupakan sayuran secara kadar purin yang lebih mulia dibanding sayuran lainnya. Akan lebih baik bila Anda yang menderita asam urat mengurangi konsumsi sayuran tersebut. Namun, bukan berarti Anda tak boleh memakannya sama sekadar.

Agar risiko terkena asam urat redup, pilihlah makanan dan minuman beserta ini:

1. Buah-buahan

Buah-buahan secara kandungan vitamin C yang tinggi seperti jeruk, kiwi, ceri, lemon dan tomat dapat mengurangi harga asam urat dalam tubuh. Perut vitamin C dalam buah hendak menghancurkan asam urat serta mengeluarkannya melalui urine. Buah-buahan yang kaya serat juga penting dikonsumsi, makin yang memiliki kadar purin aib seperti pisang. Begitu juga upacara, pir, dan anggur.

2. Sayur-sayuran

Pilihlah sayuran dengan kadar purin yang rendah seperti buah pokok, timun, daun selada, dan kentang. Pilih juga sayuran yang sugih akan antioksidan seperti kol merah dan paprika. Konsumsi pula sayuran tinggi serat seperti wortel & kale.

3. Air mineral

Terkesan sepele, namun mengonsumsi air sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pastikan Anda mendapat asupan cairan bersifat air minum setidaknya dua liter per hari. Namun, penderita sasam urat yang mengalami gagal buah harus mengoonsultasikan pada dokter menghantam jumlah cairan yang bisa diterima tubuh.

3. Sumber karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat dengan membutuhkan waktu lebih lama buat dicerna oleh tubuh. Misalnya kentang, beras merah, jagung, dan akar. Mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks bertujuan meningkatkan pengeluaran asam urat meniti urine.

4. Produk susu rendah lemak

Susu rendah lemak beserta produk olahannya baik untuk dimakan. Misalnya susu dan yoghurt dengan rasanya lezat dan ternyata dapat menurunkan kadar asam urat. J Sarah / Source: health. com, livestrong. com, arthritis. org

Rekomendasi